Situs Gua Sunyaragi Jadi Magnet Wisata Cirebon, Setiap Bulan 15 Ribu Pengunjung

Oleh-oleh Khas Cirebon MAMI - Situs Gua Sunyaragi benar-benar menjadi magnet pariwisata Kota Cirebon. Dalam dua bulan terakhir, tidak kurang dari 27 ribu warga yang berkunjung.

Ketua Bagian Koordinasi Umum Gua Sunyaragi, Isyanto mengatakan, selama Februari ada12 ribu pengunjung, sedangkan untuk bulan Maret 15 ribu. “Hingga saat ini jumlah kunjungan terus meningkat, terutama pada hari Jumat dan Sabtu,” tutur Isyanto, kepada Radar Cirebon.

Lanjut Isyanto, sebagian besar pengunjung Gua Sunyaragi justru berasal dari luar kota, yang paling banyak dari Bandung, Bogor dan Jakarta. Keberadaan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) diakuinya mampu meingkatkan kunjungan wisata.

“Setelah adanya Cipali, akses memang lebih mudah untuk berkunjung ke Cirebon, rata-rata pengujung yang datang ke sini mengaku senang dengan dimudahkannya akses tersebut,” ungkapnya - Oleh-oleh Khas Cirebon MAMI.

Meski senang dengan jumlah kunjungannya yang terus meningkat, ada satu hal yang sangat disayangkan. Masih banyak warga Cirebon yang belum pernah mengunjungi Gua Sunyaragi. Padahal, warga dari luar kota jauh-jauh datang ke Sunyaragi.

“Seharusnya kita sebagai warga Cirebon yang memiliki Gua Sunyaragi bisa lebih tau tentang sejarah budaya Gua Sunyaragi. Tak sedikit pengunjung lokal yang mengatakan baru pertama kali datang kemari,” tuturnya - Oleh-oleh Khas Cirebon MAMI.

Sementara itu, Badan Pengelola Gua Sunyaragi juga menghadirkan berbagai acara dengan unsur kebudayaan untuk menarik wisatawan. Sedikitnya ada pagelaran seni tari yang digelar sebulan sekali.

(Sumber: radarcirebon.com)

Comments

Leave your comment

Top